kumparan

Unik, India Punya Tur Khusus untuk Kamu yang Tertarik pada Pemilu

Gateway of India pada pagi hari
Gateway of India pada pagi hari Foto: Shutter Stock
Apa yang pertama kali terbersit di pikiranmu setelah mendengar kata India? Taj Mahalnya yang indah, dunia seni peran Bollywood-nya, atau kah festival Holi yang meriah?
ADVERTISEMENT
Sebagian besar wisatawan biasanya memang mencari ketiga hal tersebut saat berada di India. Tambahan lainnya, mungkin saja benteng bersejarah, lokasi pernikahan Priyanka Chopra dengan Nick Jonas, atau mungkin museum dan makanan khasnya.
Tapi, tahukah kamu, kalau ada sebuah tur spesial yang hadir di India bagi kamu yang senang dengan ilmu pemerintahan, sejarah, atau khususnya demokrasi? Ya, namanya Election Tour.
Ilustrasi festival holi
Ilustrasi festival holi di India Foto: Pixabay
Dilansir CNN Travel, India merupakan salah satu negara demokrasi terbesar di dunia, yang menyumbangkan hampir 900 juta suara dalam pemilihan anggota parlemennya. Karenanya, menjelang pemilihan umum yang biasanya digelar pada 23 Mei, kota-kota besar akan dipenuhi beragam acara sebagai bagian dari kampanye.
Penyelenggara Election Tour, Akhsar Travel menuturkan bahwa kota-kota besar di India akan berubah jadi venue festival di hari-hari jelang pemilihan berlangsung. Acara-acara meriah tersebut merupakan cara tiap calon untuk berkampanye dan mengumpulkan dukungan.
ADVERTISEMENT
"Saat masa pemilihan berlangsung, orang-orang dan partai politik akan mengadakan acara, aksi unjuk rasa, dan parade untuk mempromosikan visi mereka," tutur Manish Sharma, pendiri Akhsar Travel.
Kampanye pada pemilu India 2019
Kampanye pada pemilu India 2019 Foto: AFP/Sanjay Kanojia
Wisata pemilu atau Election Tour yang dikembangkan oleh Akhsar Travel terinspirasi dari Polling Tourism yang pernah ia alami di Meksiko pada tahun 2005 silam. Kemudian, ia mencoba melakukan tur yang sama pada saat Pemilihan Majelis Negara Bagian Gujarat pada tahun 2015, dan ternyata ia berhasil.
Seperti yang diberitakan CNN Travel, Manish menemukan bahwa ada banyak orang yang tertarik untuk belajar bagaimana proses demokrasi di India berlangsung. Bukan hanya dari segi kriteria dan sistem semata, tetapi juga pengalaman yang real, walaupun tidak ikut memilih.
ADVERTISEMENT
"Kami melihat ada keberhasilan setelah penyelenggaraan tur pada pemilihan parlemen pada tahun 2014. Jadi kami memulai proyek lainnya. Biasanya para tamu yang mengikuti tur ini adalah kalangan mahasiswa, peneliti, pecinta sejarah, jurnalis, penggemar budaya, dan kelompok-kelompok minat khusus," ungkapnya lagi.
Kampanye pada pemilu India 2019
Kampanye pada pemilu India 2019 Foto: AFP/Diptendu Dutta
Menurut perkiraan Manish, pada tahun 2014, Election Tur menjadi salah satu primadona dalam layanan wisatanya sebagai agen perjalanan. Dalam tahun 2014, ia mengumpulkan sekitar 5.200 orang turis hanya demi melihat proses pemilu dan demokrasi India.
Tamu-tamu Manish yang mengikuti Election Tour biasanya berasal dari negara Amerika Serikat, Inggris, dan Jepang. Untuk tahun 2019, ia mengharapkan ada sekitar 10 ribu wisatawan yang datang dan mengikuti Election Tour selama enam hingga delapan hari.
Kampanye PM India Narendra Modi pada pemilu India 2019
Kampanye PM India Narendra Modi pada pemilu India 2019 Foto: AFP/Diptendu Dutta
Selain memperlihatkan proses demokrasi di India, Election Tour juga dianggap Manish sebagai cara unik dan berbeda untuk memperkenalkan budaya bagi wisatawan, sekaligus kesempatan menarik bagi mereka untuk turut ambil bagian di Negeri Bollywood ini.
ADVERTISEMENT
Karena pemilu merupakan sebuah proses yang besar dan rumit. Setiap negara bagian di India memiliki bahasa, budaya, tradisi, aturan, dan pengetahuan yang berbeda. Sehingga melalui Election Tour, kamu bisa melihat langsung keragaman yang besar dalam sistem demokrasi India serta dinamisme budayanya.
Pemilu India, di distrik Alipurduar, India
Warga berbaris menunggu giliran untuk memberikan suara mereka saat pemilihan umum di distrik Alipurduar, India. Foto: REUTERS/Rupak De Chowdhuri
Dalam Election Tour, kamu juga akan diajak untuk berkunjung ke desa-desa setempat, bertemu penduduk lokal, makan malam dengan para pemimpin politik, bersafari di Taman Nasional Corbett dan mencicipi kuliner India yang lezat.
Akhsar Travel juga memiliki sebuah paket Election Tour di Uttar Pradesh yang akan membawamu melihat gua dan kuil di Ayodhya, melihat arsitektur Mughal dan budayanya yang menawan, serta berkunjung ke Varanasi.
Paket terakhir yaitu melacak jejak pemimpin bersejarah Mahatma Gandhi mulai dari kota kelahirannya di Porbandar hingga ke ibu kota negara bagian Ahmedabad. Perpaduan tur demokrasi dengan landmark serta budaya India ini dinilai Manish jadi alternatif menarik untuk memahami nilai-nilai, tradisi, dan budaya Negeri Bollywood.
ADVERTISEMENT
Bagaimana, tertarik mengikuti tur pemilu di India ini?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan