kumparan
27 November 2019 16:11

7 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Mengaplikasikan Foundation

Ilustrasi Perempuan Mengaplikasikan Foundation
Ilustrasi Perempuan Mengaplikasikan Foundation Foto: Shutterstock/Vladimir Gjorgiev
Selain bisa membuat warna kulit tampak lebih merata, pulasan foundation juga bisa menutupi noda dan pori-pori pada wajah. Tak heran kalau foundation masih menjadi salah satu alat makeup yang diandalkan perempuan untuk menunjang penampilan.
ADVERTISEMENT
Mengaplikasikan foundation pada wajah memang terlihat mudah, sayangnya banyak di antara kita yang masih salah dalam mengaplikasikan alas bedak tersebut. Kesalahan-kesalahan apa sajakah itu? Melansir Cosmopolitan, berikut penjelasannya untuk Anda.
1. Tidak pakai primer
perempuan, pelembap, moisturizer
Ilustrasi memakai primer Foto: Shutterstock
Banyak di antara kita yang sering melewatkan tahapan ini. Padahal, penggunaan primer sendiri sangat penting untuk membuat makeup (khususnya foundation) bertahan lama.
Jika Anda memiliki kulit berminyak, cobalah aplikasikan primer secara tipis di seluruh wajah. Sedangkan jika kulit Anda normal cenderung kering, aplikasikanlah primer di bagian t-zone.
2. Mengaplikasikan foundation dengan jari
Ilustrasi Perempuan Mengaplikasikan Foundation
Ilustrasi Perempuan Mengaplikasikan Foundation Foto: Shutterstock/Vladimir Gjorgiev
Mengaplikasikan foundation dengan jari sebaiknya dihindari, karena jari-jari tangan cenderung mengandung banyak bakteri dan kuman yang bisa menyebabkan jerawat pada wajah.
Sebagai gantinya, gunakanlah aplikator khusus untuk mengaplikasikan foundation. Anda bisa memilih spons atau beauty blender jika ingin hasil yang lebih natural, sedangkan jika Anda ingin hasil akhir yang lebih coverage maka gunakanlah brush.
ADVERTISEMENT
3. Tidak mengaplikasikan foundation ke area rahang dan leher
Ilustrasi Perempuan Mengaplikasikan Foundation
Ilustrasi Perempuan Mengaplikasikan Foundation Foto: Shutterstock/Zalexis
Banyak di antara kita fokus mengaplikasikan foundation di area wajah saja. Padahal, kita juga harus mengaplikasikan foundation di area rahang dan leher agar tidak belang. Selain itu, jangan lupa aplikasikan secara merata dengan produk yang tidak berlebihan agar tampilan akhir lebih natural.
4. Salah dalam memilih warna foundation
Foundation
Foundation aneka warna Foto: Dok. Thinkstock
Kesalahan yang satu ini paling umum terjadi. Padahal, efeknya bisa membuat tampilan wajah jadi kurang maksimal. Sebagai contoh, jika Anda memilih warna foundation yang terlalu terang maka wajah pun akan terlihat abu-abu. Sedangkan, jika memilih warna foundation yang terlalu gelap di wajah yang kuning langsat atau cerah, maka tampilan pun akan terlihat lebih cokelat.
ADVERTISEMENT
Karena itu, sebelum membeli foundation, sebaiknya Anda mencobanya terlebih dahulu dan tunggu foundation meresap serta tercampur sempurna di wajah.
5. Mengaplikasikan foundation terlalu banyak
Tak sedikit dari kita mengaplikasikan foundation berlapis-lapis demi menutupi kekurangan di wajah. Padahal, kebiasaan ini justru bisa membuat makeup jadi cakey atau menggumpal. Parahnya lagi, jika kebiasaan ini sering dilakukan maka bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat serta masalah kulit lain.
6. Tidak menguncinya dengan bedak
Ilustrasi perempuan memakai bedak
Ilustrasi perempuan memakai bedak. Foto: Shutter Stock
Kesalahan ini juga sering diabaikan. Padahal, pengaplikasian bedak bisa membuat riasan lebih lama. Cobalah sapukan translucent powder alias bedak tabur transparan yang tidak memiliki warna untuk mengunci makeup Anda jadi tahan lebih lama.
7. Memilih formula yang salah
Spons 7
Jangan mengoleskan foundation pada spons Foto: Thinkstock
Salah dalam memilih formula foundation juga bisa membuat riasan jadi tak bertahan lama. Jika Anda memiliki kulit yang cenderung kering, cobalah memilih foundation berbentuk krim atau cair. Sedangkan jika Anda pemilik kulit kombinasi atau berminyak, maka pilihlah foundation bertekstur cair atau powder. Selain itu, pastikan memilih foundation dengan kandungan oil-free yang bisa memberikan hasil akhir matte.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan