kumparan
14 Januari 2019 12:40

5 Cara Memperbaiki Hubungan yang Rusak dengan Pacar

Ilustrasi cinta tak berbalas. (Foto: Pixabay)
Kamu pasti enggak ingin hubungan yang sudah terjalin lama dengan pacar terhempas begitu saja. Namun, begitu ada badai masalah datang, ada kemungkinan semuanya bisa rusak, meluluhlantakan semua momen indah dan kenangan manis saat pacaran.
ADVERTISEMENT
Pacarmu minta putus, padahal kamu lagi sayang-sayangnya sama dia. Tapi karena kamu membaca ini, mungkin belum terlambat untuk memperbaiki semuanya. Dilansir Love Panky, berikut lima cara memperbaiki hubungan yang rusak dengan pacar.
1. Minta maaf yang tulus
Maaf.... (Foto: bykst)
Terkadang sebuah hubungan bisa rusak karena pertengkaran yang mengedepankan ego. Masing-masing pihak selalu merasa benar sendiri perkara hal yang dipertengkarkan. Padahal sejatinya enggak ada yang benar kalau pertengkaran itu membikin kalian putus, cuy.
Satu-satunya jalan agar kamu dan pacar sama-sama lega melupakan pertengkaran itu yaitu minta maaf. Akui kalau dirimu salah, dan berjanji untuk tak mengulanginya lagi. Dijamin, kalau sudah gentle minta maaf dulu hatinya juga akan luluh.
2. Diskusikan masalah untuk raih kompromi
Menanyakan pendapat (Foto: Thinkstock)
Setelah minta maaf, bukan berarti masalah kalian berdua selesai. Justru saat masing-masing pihak sudah menerima satu sama lain, kalian bisa mulai mendiskusikan masalah yang kalian alami.
ADVERTISEMENT
Ingat ini diskusi, bukan debat, lho, ya! Pastikan bahwa kalian mendiskusikan masalah agar sama-sama clear meraih kompromi.
Kalau pada awalnya bertengkar gara-gara kamu lambat merespons chat pacar, kamu harus bicara sampai pacarmu paham sebab chat itu lama dibalas. Berikan juga alternatif kapan sebaiknya pacarmu nge-chat supaya cepat direspons dan enggak ada rasa curiga lagi.
3. Aktif mendengar
Hindari sederet hal ini jika ingin kencan sukses. (Foto: Thinkstock)
Inilah bagian terpenting saat memperbaiki kembali hubungan yang rusak. Kamu perlu memasang telinga lebar-lebar agar paham apa yang sebenarnya menjadi keberatan pacar saat dia marahan sama kamu.
Tak perlu mendebat atau mengelaknya, dengarkan saja dulu pacarmu sampai dia selesai bicara. Kalau dia sudah selesai, barulah utarakan pendapatmu.
4. Sabar membangun kembali kepercayaan
Kencan. (Foto: Korney Violin)
Piring pecah yang sudah ditambal kembali jadi satu memang enggak akan pernah jadi seperti semula. Begitu pula hati seseorang yang sudah pernah dikecewakan dalam sebuah hubungan asmara.
ADVERTISEMENT
Namun begitu, jangan sampai hal itu membuatmu patah semangat. Kalau kamu konsisten memperbaiki diri yang sesuai dengan harapan si dia, bukan enggak mungkin si dia akan kembali menaruh rasa percaya padamu.
5. Jangan lupa bahagia
Liburan bersama pasangan. (Foto: Shutterstock)
Setelah mengalami pertengkaran hebat, tentu kamu enggak mau hubungan kalian berdua jadi canggung karena larut dalam kesedihan, kan? Makanya, jangan terus berkutat pada masalah hingga kalian lupa bahagia. Ajak pacarmu kembali menikmati momen bersama seperti kencan, jalan-jalan, atau seru-seruan berdua.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan