kumparan
search-gray
Food & Travel9 Maret 2019 22:19

Rangkum 10 Maret 2019: Jembatan Gantung Sukabumi, Pelajar Gantung Diri

Konten Redaksi Rangkum
Peristiwa ditemukannya mahasiswa Universitas Padjajaran yang tewas gantung diri menjadi pembuka Rangkum edisi ini. Berikut selengkapnya.
ADVERTISEMENT
  1. Mahasiswa Universitas Padjajaran Diduga Gantung Diri
Ilustrasi Bunuh Diri, Gantung Diri
Ilustrasi gantung diri. Foto: Basith Subastian/kumparan
AH (22), mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Padjajaran, ditemukan tewas di kamar kosnya di Desa Hegarmanah, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, pada Jumat (8/3).
“Korban ditemukan pacarnya bersama dua temannya saat menjenguk korban. Penyebab sementara diduga karena putus cinta,” kata Kepala Kepolisian Resor Sumedang, AKBP Hartoyo, Jumat (8/3).
  1. Kadisdik Sampang Sebut Siswa SMK Miftahul Ulum 'Anak Haram'
Untitled Image
Kepala SMK Miftahul Ulum, Junaidin (kanan), didampingi aktivis LSM LIRA Sampang, Nur Hasan (kiri), menunjukkan legalitas sekolah, Jumat (8/3). (Ryan Hariyanto/MM).
Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Miftahul Ulum, Junaidin Hadi, mengaku prihatin terkait pernyataan Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Cabang Sampang, Assyari, yang sempat menyebut bahwa siswanya disebut 'anak haram'. Pernyataan itu terkait belum dikeluarkannya Ijin Operasional (IJOP), tetapi sudah ada siswa yang bersekolah di sana.
ADVERTISEMENT
IJOP lembaga sekolahnya itu akan berakhir pada April 2019. "Jangan dipersulit jika memang persyaratan sudah sesuai prosedur, apa memang IJOP diperjualbelikan?" ujar aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat Lumbung Informasi Rakyat Sampang, Nur Hasan, Jumat (8/3).
  1. Guru Ngaji Diduga Sodomi 4 Siswa SD di Pasaman
Ilustrasi anak menutup wajah
Ilustras anak korban pelecehan seks Foto: Thinkstock
Polisi menangkap HY (23), guru ngaji yang menjadi mahasiswa di perguruan tinggi di Kota Bukittinggi; dan MN (16), pelajar Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Pasaman pada Kamis malam (7/3). Keduanya ditangkap terkait dua kasus pencabulan pelajar Sekolah Dasar di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat.
Penangkapan ini sesuai dari laporan para orang tua korban dengan laporan yang berbeda-beda. "Pertama terjadi di wilayah Kecamatan Rao kemudian Kecamatan Lubuk Sikaping. Untuk yang pertama korban berinisial GA 10 tahun," kata Kepala Kepolisian Resor Pasaman, AKBP Hasanudin, Sabtu (9/3).
ADVERTISEMENT
  1. Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia Ada di Sukabumi
Jembatan Situ Gunung
Jembatan Situ Gunung di Sukabumi Foto: Aria Sankhyaadi/kumparan
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, meresmikan Situ Gunung Suspension Bridge di kawasan Gede Pangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (9/3).
Suspension bridge atau jembatan gantung yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) ini memiliki panjang 243 meter dengan ketinggian 160 meter--terpanjang di dunia.
  1. Situs Purbakala Kerjaan Majapahit Ditemukan di Tengah Proyek Tol
Untitled Image
Sejarawan asal Universitas Negeri Malang (UM), Dwi Cahyono (kiri), saat meninjau lokasi penemuan situs purbakala, rabu (6/3). Dok: Tugumalang
Situs purbakala peninggalan zaman Kerajaan Majapahit ditemukan pada jalur pembangunan proyek tol Malang, di daerah Sekarpuro, Pakis, Kabupaten Malang, Selasa (5/3).
Sejarawan asal Universitas Negeri Malang (UM), Dwi Cahyono, mengatakan bahwa bangunan tersebut diperkirakan peninggalan zaman Kerajaan Majapahit yang bisa jadi sudah berumur 400 hingga 900 tahun yang lalu. Dan ia juga berharap pihak pekerja proyek jalan tol tidak serta merta langsung menghancurkan situs peninggalan Kerajaan Majapahit tersebut.
ADVERTISEMENT
  1. Presiden Maduro Salahkan Amerika Serikat terkait Venezuela Mati Lampu Hampir 24 Jam
Untitled Image
Celedonia Angulo, di rumahnya saat listrik di daerahnya padam, di Catia, Caracas, Venezuela. Foto: Reuters/Carlos Jasso
Presiden Venezuela, Nicolas Maduro, menuding insiden mati lampu selama hampir 24 jam yang terjadi di Venezuela pada Kamis (8/3) sebagai ulah Amerika Serikat. Corpolec, perusahaan listrik yang beroperasi di Venezuela, menyatakan telah terjadi sabotase di Pembangkit Listrik Tenaga Air Guri Dam.
"Mati lampu dan kelaparan merupakan hasil dari tidak kompetennya rezim Maduro," kata Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo, merespons tudingan Maduro.
-------
Nantikan Rangkum edisi lainnya di sini.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white