Alfath Flemmo Music Mahasiswa BINUS Malang Masuk Startup Terbaik PERTAMUDA 2022

Musisi Komposer Musik dan Programmer Komputer, Founder dan CEO Flemmo Enterprise Music, Jurusan Ilmu Komunikasi, BINUS University, Malang dan Jurusan Sistem Informasi Universitas Presiden, Cikarang Bekasi, Indonesia.
Konten dari Pengguna
9 November 2022 21:31
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Alfath Flemmo Maulasufa tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Maharsyalfath Izlubaid Qutub Maulasufa (Alfath), mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Bina Nusantara, BINUS Malang, komposer muda, pendiri dan CEO Flemmo Enterprise Music, Top 30 Wirausaha Finalis Demoday PERTAMUDA Seed and Scale 2022 PT. Pertamina (Persero). (dok. pribadi).
zoom-in-whitePerbesar
Maharsyalfath Izlubaid Qutub Maulasufa (Alfath), mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Bina Nusantara, BINUS Malang, komposer muda, pendiri dan CEO Flemmo Enterprise Music, Top 30 Wirausaha Finalis Demoday PERTAMUDA Seed and Scale 2022 PT. Pertamina (Persero). (dok. pribadi).
Kali ini, dengan semangat energi muda dan rasa syukur, saya menulis kegiatan saya sebagai Top 30 Wirausaha PERTAMUDA Seed and Scale 2022 yang diselenggarakan oleh PT. Pertamina (Persero). Saya berkesempatan mengikuti workshop pengembangan kapasitas dari coach senior selama empat hari, pada 3-6 November 2022.
ADVERTISEMENT
Setelah melalui proses kurasi yang sangat ketat dari 2.445 pendaftar, saya Maharsyalfath Izlubaid Qutub Maulasufa (Alfath), mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Bina Nusantara (BINUS), pendiri dan CEO Flemmo Enterprise Music, masuk dalam 30 startup terbaik Pertamina Muda Seed and Scale (PERTAMUDA) 2022.
PERTAMUDA atau Pertamina Muda Seed & Scale adalah sebuah program dari Pertamina yang merupakan kompetisi ide bisnis untuk mahasiswa di Indonesia. Ide bisnisnya berhubungan dengan energi dan nilai komersial yang berkelanjutan. Pada tahun 2022 ini tema Pertamuda yaitu Empowering Better Future.
Sejak kecil, saya bercita-cita menjadi seorang entrepreneur yang handal. Kemudian, saya mendirikan Flemmo Enterprise Music pada tahun 2018, ketika saya masih duduk di bangku SMP.
Flemmo Enterprise Music adalah sebuah perusahaan rintisan (startup) perseorangan di sektor industri kreatif, jasa profesional pembuatan lagu original dan aransemen musik digital teknologi artificial intelligence (AI) yang kini masuk dalam Top 30 Startup Terbaik Demoday PERTAMUDA Seed and Scale 2022, PT. Pertamina (Persero).
ADVERTISEMENT
Dua pekan sebelumnya, tepatnya pada 23-25 Oktober 2022, saya juga masuk Top 10 Wirausaha Muda Industri Kreatif WMP Berprestasi Kemenpora RI 2022. Saya mengikuti kegiatan mentoring dengan para coach senior bertaraf nasional dan internasional di ASTON Kartika Grogol Hotel & Conference Center, Jakarta Barat. Saya berkesempatan menimba ilmu dari coach Diah Yusuf (Prima Indonesia), Kukuh Indraprasena (Young Entrepreneurs Academy), Brian Putra Bastara (Pengusaha, Ketum Hipmi Sumbar), Inggrid Kansil (Ketum Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia), dan Ikhsan Abdullah (Pengurus PBNU, Staf Khusus Wakil Presiden KH.Maruf Amin).
ADVERTISEMENT
Dalam pengamatan saya selama empat tahun terakhir, periode 2018-2022, pekerjaan sebagai komposer dan produser musik masih jarang diminati generasi milenial dan gen Z di Indonesia. Padahal, musik mampu mendukung semua bagian Sustainable Development Goals (SDGs). Musik dapat mengekspresikan moral, emosi, dan budaya.
Kondisi inilah yang mendorong saya mendirikan Flemmo Enterprise Music pada 2018. Tujuannya untuk meningkatkan peran pemuda, khususnya freelancer komposer muda untuk berkontribusi dalam industri musik.
Saya sudah mengomposisi musik secara hybrid sejak 2018, yaitu mengombinasikan antara perangkat lunak FL Studio dengan perangkat lunak berteknologi artificial intelligence (AI) untuk membuat lagu original dan aransemen musik digital.
ADVERTISEMENT
Ditinjau dari sisi peluang bisnis, pasar musik di Indonesia sangatlah luas dan berkelanjutan, karena jumlah penduduk Indonesia lebih dari 270 juta jiwa, dan hampir semua orang membutuhkan hiburan musik.
Tahun 2022 ini, saya fokus membidik musisi pemula yang membutuhkan lagu original dan platform e commerce digital. Strategi yang saya terapkan untuk menjangkau klien yakni dengan cara memasarkan lagu musik melalui platform musik digital, serta merilis lagu di semua platform streaming utama.
Sebagai pendiri dan CEO Flemmo Enterprise Music, saya mempunyai visi sebagai penghubung pelanggan dengan pekerja lepas musik, pendamping musisi dengan label rekaman, distributor lagu ke platform streaming, dan produser musik untuk pratinjau produk bisnis di media sosial dan e commerce.
ADVERTISEMENT
Ke depan, saya sangat optimis terhadap prospek bisnis jasa kreatif ini. Platform musik digital ini menjanjikan keuntungan besar, berkelanjutan, dan mampu beradaptasi dengan dinamika dan permintaan pasar global.
Maharsyalfath Maulasufa, mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi, BINUS University, penerima WIDIA Scholarship dan Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Kemendikbud Ristek RI 2022. (dok. pribadi).
zoom-in-whitePerbesar
Maharsyalfath Maulasufa, mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi, BINUS University, penerima WIDIA Scholarship dan Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Kemendikbud Ristek RI 2022. (dok. pribadi).
Rangkaian Kegiatan Demoday PERTAMUDA 2022
Tahap demoday telah selesai dilaksanakan pada 3-6 November 2022. Kompetisi kewirausahaan mahasiswa PERTAMUDA 2022 ini screening-nya lebih ketat, sehingga secara kualitas peserta jauh lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.
Berikut ini adalah tangkapan layar Flemmo Enterprise Music dalam pengumuman 30 peserta startup yang lolos kompetisi kewirausahaan PERTAMUDA 2022 yang berasal dari 19 kampus dari seluruh Indonesia, yang disampaikan melalui akun Instagram @PERTAMUDA pada 31 Oktober 2022.
ADVERTISEMENT
Komposer Alfath Flemmo, Mahasiswa BINUS University, Top 30 Wirausaha PERTAMUDA Seed & Scale 2022 Pertamina. (tangkapan layar).
zoom-in-whitePerbesar
Komposer Alfath Flemmo, Mahasiswa BINUS University, Top 30 Wirausaha PERTAMUDA Seed & Scale 2022 Pertamina. (tangkapan layar).
Menariknya, selain 10 finalis yang akan bertanding pada babak Final Pitch di Bali, semua 30 peserta wirausaha terbaik PERTAMUDA 2022 diundang untuk menghadiri kegiatan final pitch dan difasilitasi akomodasinya untuk bertemu dan berdiskusi dengan investor yang memungkinkan dapat scale-up startup PERTAMUDA 2022.
Alfath Flemmo, Flemmo Enterprise Music, jasa musik digital teknologi artificial intelligence, masuk Top 30 Wirausaha Finalis Demoday PERTAMUDA Seed and Scale 2022. (dok. pribadi).
zoom-in-whitePerbesar
Alfath Flemmo, Flemmo Enterprise Music, jasa musik digital teknologi artificial intelligence, masuk Top 30 Wirausaha Finalis Demoday PERTAMUDA Seed and Scale 2022. (dok. pribadi).
Adapun 10 finalis PERTAMUDA 2022 yakni Codykit, FoodieWell, Gepo Energy, Gid, Gourami, Kawan Bantu, Kepul, Panoptes Insight, Taman School, Tirtanex. Sebanyak 10 finalis ini pada saat grand final akan mempresentasikan final pitch di hadapan dewan juri, jajaran pejabat Pertamina, dan sejumlah investor yang diundang menghadiri kegiatan tersebut pada bulan Desember 2022 mendatang.
ADVERTISEMENT
Finalis PERTAMUDA 2022 yang nantinya jawara dalam tiga besar akan mendapatkan dana pembinaan sebesar Rp100 juta untuk setiap peserta dan kampus asal mahasiswa sebesar Rp25 juta sebagai dana pendampingan.
Untuk membangun Indonesia maju, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim menganjurkan adanya kolaborasi antara perguruan tinggi dan industri dalam upaya untuk mendorong percepatan pertumbuhan kewirausahaan nasional.
Nah, untuk mendukung anjuran Menteri Nadiem Makarim, PT Pertamina (Persero) selama dua tahun terakhir ini menggelar ajang kompetisi ide bisnis bagi mahasiswa yang diikuti oleh perguruan tinggi se-Indonesia.
Kompetisi ide bisnis Pertamina dinamakan Pertamina Muda Seed and Scale (PERTAMUDA) 2022. Pendaftaran peserta dibuka sejak 15 Agustus 2022 oleh Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati. Pendaftaran ditutup tanggal 18 Oktober 2022. Pesertanya mencapai 2.445 pendaftar dari seluruh Indonesia.
Alfath Maulasufa, Flemmo Enterprise Music, jasa pembuatan lagu dan aransemen musik digital, masuk Top 30 Wirausaha Finalis Demoday PERTAMUDA  Seed and Scale 2022. (dok. pribadi).
zoom-in-whitePerbesar
Alfath Maulasufa, Flemmo Enterprise Music, jasa pembuatan lagu dan aransemen musik digital, masuk Top 30 Wirausaha Finalis Demoday PERTAMUDA Seed and Scale 2022. (dok. pribadi).
ADVERTISEMENT
Alhamdulillah, saya telah mengikuti serangkaian kegiatan Workshop dan Demoday PERTAMUDA selama empat hari, pada 3-6 November 2022. Saya Alfath Maulasufa dan tim mewakili Flemmo Enterprise Music menjadwalkan hadir dalam kegiatan Final Pitch PERTAMUDA di Bali yang rencananya berlangsung pada bulan Desember 2022 mendatang.
Harapan saya melalui Flemmo Enterprise, saya dapat mengajak dan memberdayakan generasi muda, memperluas kesempatan kerja bagi generasi milenial dan gen Z di sektor industri kreatif, dan mengembangkan industri musik digital yang berdampak positif bagi ekosistem industri kreatif dalam upaya meningkatkan daya saing kewirausahaan digital yang berkelanjutan.
Profil Penulis:
Maharsyalfath Izlubaid Qutub Maulasufa (Alfath Flemmo) adalah seorang komposer dan produser musik digital Indonesia; Pendiri dan CEO Flemmo Enterprise Music dan Flemmo Music Global (FMG); Penerima Penghargaan Sony Music Group Global Scholars Program 2022 yang disponsori oleh Sony Music Group (SMG) dan dikelola oleh Institute of International Education (IIE); Best 3 Finalist Global Anthem Competition for The Song "Happy Day" - Youth For Understanding (YFU) Washington D.C Amerika Serikat; Citizen Journalism); Top 12 Startups Entrepreneurship World Cup (EWC) Indonesia 2021; Delegasi Istanbul Youth Summit (IYS) 2021 Turki; Delegasi UNESCO International MUN dan AWMUN Camp; Penerima Beasiswa Yale Young Global Scholars (YYGS) Summer Program Yale University 2021, Penerima BINUS Widia Scholarship 2022; Penerima Beasiswa Prestasi BPI/BIM Kemendikbud Ristek 2022; Top 10 Wirausaha Muda Kreatif WMP Berprestasi Kemenpora RI 2022; YouTuber Flemmo; Co-Founder Socio-Edupreneur Sepia.ID; Founder & Programmer di AlfathDev & FiGO Tech, Mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi BINUS University Binusian 2026, Mahasiswa S1 Information System for Business and Management - Faculty of Computer Science President University 2022/2023.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020