Entertainment
·
15 September 2021 15:00
·
waktu baca 3 menit

Sunan Kalijaga di Tengah Prahara Ayah Taqy Malik: Mantan Besan yang Bela Korban

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sunan Kalijaga di Tengah Prahara Ayah Taqy Malik: Mantan Besan yang Bela Korban (137694)
searchPerbesar
Pengacara Sunan Kalijaga menunjukkan foto putrinya Salmafina di kawasan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (21/1). Foto: Aria Pradana/kumparan
Marlina Octoria Kawuwung baru-baru ini muncul ke hadapan publik dan mengeluarkan pernyataan mengejutkan. Ia mengaku menikah siri dengan ayah hafiz sekaligus selebgram Taqy Malik, Mansyardin Malik, pada momen Idul Adha tahun ini.
ADVERTISEMENT
Lebih dari itu, Marlina Octoria Kawuwung mengatakan pernah dipaksa berhubungan seksual oleh Mansyardin Malik saat sedang haid. Ia juga mengaku menjadi korban dari hubungan seks secara tak wajar, yakni melalui anal, oleh bapak empat anak tersebut.
Saat menggelar jumpa pers untuk menyampaikan pengakuan itu kepada publik, Marlina Octoria Kawuwung didampingi kakaknya dan kuasa hukum bernama Eri Kartanegara.
Sunan Kalijaga di Tengah Prahara Ayah Taqy Malik: Mantan Besan yang Bela Korban (137695)
searchPerbesar
Kolase foto Istri Siri Ayah Taqy Malik. Foto: Instagram.com/fatihmalik_, istimewa
Di lain hari, Marlina Octoria Kawuwung menyambangi kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) demi meminta kejelasan soal seks anal. Pada kesempatan tersebut, ia juga didampingi Sunan Kalijaga selaku salah satu kuasa hukum.
Di momen itu, Sunan Kalijaga menanggapi bantahan Mansyardin Malik soal melakukan hubungan seksual secara tak wajar. Ia membela Marlina Octoria Kawuwung sekaligus memperingatkan Mansyardin agar tak mencoba membungkam kliennya.
ADVERTISEMENT
"Jadi, ingat, jangan ancam klien kita dengan mau melaporkan pasal UU ITE, ya. Jangan coba-coba membungkam klien kami untuk bicara suatu kebenaran. Tentunya kami hadir di sini bukan untuk memfitnah seseorang, bukan untuk membunuh karakter seseorang, tapi kita punya alat bukti yang dapat dipertanggungjawabkan secara hukum," tutur Sunan Kalijaga kala itu.
Sunan Kalijaga di Tengah Prahara Ayah Taqy Malik: Mantan Besan yang Bela Korban (137696)
searchPerbesar
Pengacara Sunan Kalijaga saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Selasa, (1/10/2019). Foto: Ronny
Hal ini menarik. Sebab, Sunan Kalijaga punya sejarah tersendiri dengan Mansyardin Malik.
Ya, mereka adalah mantan besan. Putri Sunan Kalijaga, Salmafina Sunan, pernah menikah dengan putra Mansyardin Malik, Taqy Malik. Permasalahan serta perceraian Salmafina dan Taqy kemudian meninggalkan hubungan yang tidak bisa dibilang baik antara Sunan dan Mansyardin.

Kilas Balik Kisah Salmafina Sunan dan Taqy Malik

Berawal sebagai penggemar yang mencoba-coba mengirimkan pesan melalui DM (Direct Message) Instagram, Salmafina Sunan kemudian menjadi istri Taqy Malik. Mereka menikah pada 16 September 2017. Kala itu Salmafina berusia 18 tahun, sementara Taqy 20 tahun.
ADVERTISEMENT
Selang lima hari setelah menikah, Salmafina Sunan ditinggal Taqy Malik ke Mesir untuk melanjutkan kuliah di Universitas Al-Azhar, Kairo. Seminggu setelah kepergian Taqy, Salmafina tampak menghapus foto-foto pernikahan mereka di Instagram. Ia juga mengunggah curhatan galau.
Tak lama setelah itu, Salmafina Sunan mengaku sudah ditalak oleh Taqy Malik. Ia kemudian menggugat cerai melalui Pengadilan Agama Jakarta Barat. Di sisi lain, Taqy juga mengajukan permohonan cerai, namun ditolak oleh pihak pengadilan.
Akhirnya, rumah tangga Salmafina Sunan dan Taqy Malik kandas pada 21 Februari 2018. Majelis Hakim Pengadilan Agama Jakarta Barat telah mengabulkan gugatan cerai Salmafina.

Sunan Kalijaga Menyesal Nikahkan Salmafina dengan Taqy Malik

Sunan Kalijaga, usai Salmafina Sunan dan Taqy Malik resmi bercerai, mengungkap penyesalan. Ia menyesal menikahkan putrinya dengan anak Mansyardin Malik.
ADVERTISEMENT
"Alhamdulillah, iya, saya menyesal. Coba saja tanya sama semua bapak di dunia, kalau punya anak mantu kayak (Taqy) gitu, gimana rasanya. Enggak ada kontak sama sekali. Semenjak dia tunjuk pengacara, mana pernah sebagai anak dia menghubungi saya, bilang apa, kek, enggak ada. Termasuk mantan besan saya itu yang banyak ngomong, saya tantang dia buat sumpah Alquran, mana berani dia," tuturnya kepada kumparan.