Mom
·
30 November 2020 8:00

Yang Bisa Suami Lakukan Agar Ibu Hamil Sehat dan Bahagia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Yang Bisa Suami Lakukan Agar Ibu Hamil Sehat dan Bahagia (209342)
searchPerbesar
Ilustrasi ibu hamil Foto: Shutterstock
Kesehatan ibu hamil perlu dijaga agar janinnya pun tumbuh sehat. Tapi tak hanya kesehatan sang ibu, rasa bahagia yang dirasakan ibu juga berpengaruh pada perkembangan janin. Sebab, bayi di dalam kandungan ikut merasakan apa yang ibu hamil rasakan. Hal ini dijelaskan oleh Dr. med. dr. Damar Prasmusinto, SpOG(K).
ADVERTISEMENT
"Ibu hamil harus bahagia karena kalau ngga bahagia maka ibu hamil bisa mengalami stres yang berpengaruh pada perkembangan janin," tutur Dr. Damar pada kumparanMOM.
"Jika ibu hamil sudah mengalami stres, terutama stres tingkat tinggi maka akan ada pengaruhnya dengan zat tertentu yang mengakibatkan janin juga akan mengalami hal yang sama saat masih berada dalam kandungan," lanjutnya lagi.
Lantas bagaimana agar ibu hamil selalu sehat dan bahagia? Di sinilah suami dapat berperan besar. Ada banyak hal yang bisa dan sebaiknya suami lakukan selama istri menjalani kehamilannya. Apa saja misal?

1.Ikut Memperhatikan Perkembangan Janin

Yang Bisa Suami Lakukan Agar Ibu Hamil Sehat dan Bahagia (209343)
searchPerbesar
Agar ibu hamil sehat dan bahagia, suami perlu ikut memperhatikan perkembangan janin. Foto: Shutterstock
Memastikan janin tumbuh dengan sehat bukan hanya tanggung jawab ibu hamil, melainkan juga suami yang akan menjadi ayah. Karenanya, suami sebaiknya turut memperhatikan perkembangan janin.
ADVERTISEMENT
Nah Moms, ajaklah suami turut mencari informasi yang valid seputar kehamilan, mengantar ke dokter, hingga ikut berkonsultasi dengan dokter kandungan.

2.Pastikan Nutrisi Ibu Hamil Terpenuhi

Yang Bisa Suami Lakukan Agar Ibu Hamil Sehat dan Bahagia (209344)
searchPerbesar
ilustrasi ibu hamil makan buah Foto: Shutterstock
Ibu hamil harus menjaga pola makan sehat. Suami perlu memahami dan mendukung hal ini, misalnya dengan membantu menyediakan berbagai asupan bergizi dan mengingatkan ibu hamil untuk menjaga pola makannya.
Membelikan ibu hamil makanan sehat favoritnya? Memberi ibu hamil kejutan sekeranjang buah-buahan yang sudah lama diinginkannya? Bagus banget, lho!

3.Temani Ibu Hamil Berolahraga

Yang Bisa Suami Lakukan Agar Ibu Hamil Sehat dan Bahagia (209345)
searchPerbesar
Ilustrasi ibu hamil olahraga Foto: Shutterstock
Ibu hamil tetap boleh berolahraga. Tapi, hanya olahraga ringan dan aman untuk ibu hamil. Misalnya saja berjalan kaki atau yoga.
Selain menyehatkan badan dan membantu melancarkan persalinan, yoga juga bisa membantu meredakan stres dan membuat rileks.
ADVERTISEMENT
Dengan ditemani suami saat yoga atau berjalan kaki, ibu hamil pasti akan merasa mendapat dukungan dan lebih semangat untuk melakukan aktivitas selama masa kehamilan.

4.Beri Ibu Hamil Curahan Perhatian

Yang Bisa Suami Lakukan Agar Ibu Hamil Sehat dan Bahagia (209346)
searchPerbesar
Suami perlu memberi ibu hamil curahan perhatian. Foto: Shutterstock
Ibu hamil biasanya ingin dimanja oleh suaminya. Maklum saja, mengandung merupakan proses yang penuh tantangan dan bisa membuat ibu hamil stres. Karenanya, ibu hamil pantas mendapatkan perlakuan terbaik dari suami.
Perlakuan sederhana seperti kecupan di pagi hari atau dibantu mengunduh lagu-lagu favorit untuk dipasang di kamar juga sangat berarti.

5.Jadi Pendengar yang Baik untuk Ibu Hamil

Yang Bisa Suami Lakukan Agar Ibu Hamil Sehat dan Bahagia (209347)
searchPerbesar
Ilustrasi suami menjadi pendengar yang baik untuk Ibu Hamil
Ibu hamil, terutama yang baru pertama kali mengandung, bisa kaget dengan berbagai perubahan yang dialaminya. Menyampaikan keluh kesah bahkan curhat dengan suami bisa meringankan bahkan melepaskan beban sehingga ibu hamil tidak merasa menanggung semuanya seorang diri.
ADVERTISEMENT
Karenanya, suami perlu menjadi pendengar yang baik untuk ibu hamil. Mendengarkan ibu hamil juga dapat membuat suami lebih cepat mengetahui kebutuhan atau kendala yang dialami sang istri.