kumparan
search-gray
Food & Travel30 Desember 2019 19:00

5 Pulau Dekat Gunung Anak Krakatau yang Menggoda untuk Dikunjungi

Konten Redaksi kumparan
Gunung Anak Krakatau sebelum erupsi dilihat dari pulau terdekat
Gunung Anak Krakatau sebelum erupsi dilihat dari pulau terdekat Foto: Shutter Stock
Status Gunung Anak Krakatau ditetapkan pada Level II atau Waspada setelah mengalami erupsi pada Minggu pagi (29/12) pukul 05:29 WIB. Pagi ini, kolom abu berwarna kelabu tersebut telah mencapai 2.000 meter di atas puncaknya.
ADVERTISEMENT
Badan Geologi mengatakan, dengan adanya kondisi tersebut diharapkan para wisatawan atau masyarakat setempat tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 2 kilometer dari kawah.
Meski begitu, Gunung Anak Krakatau memiliki pesona keindahan yang menjadikannya sebagai pilihan destinasi wisata saat berkunjung ke Bandar Lampung.
Jika kamu berkesempatan mengunjungi Lampung saat kondisi Gunung Anak Krakatau aman, jangan lupa untuk mengunjungi 5 pulau dekat Gunung Anak Krakatau yang juga memiliki keindahan yang menakjubkan. Pulau apa sajakah itu? Berikut informasinya.
1. Pulau Sebesi
Pulau Sebesi
Pulau Sebesi Foto: Shutterstock
Pulau yang berada di wilayah Sari Natar, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung ini memiliki bukit yang biasa disebut Gunung Sebesi dengan pemandangan cantik pulau-pulau di sekelilingnya.
Pulau Sebesi merupakan salah satu pulau yang paling dekat dengan Gunung Anak Krakatau. Banyak hal yang dapat kamu lakukan di pulau ini, salah satunya yang paling sering dinanti dan dilakukan oleh wisatawan adalah menyaksikan matahari terbenam di pulau Sebesi.
ADVERTISEMENT
2. Pulau Umang
Tak jauh dari Pulau Sebesi, hanya membutuhkan waktu perjalanan sekitar 20 menit menggunakan kano, kamu sudah bisa sampai di Pulau Umang. Selain di Pulau Sebesi, pulau kecil ini merupakan pulau terbaik untuk menyaksikan terbenamnya matahari di Lampung.
Kamu juga bisa menikmati keindahan ragam biota laut di Pulau Umang dengan aktivitas snorkeling. Dengan jarak 183 Kilometer dari Jakarta, kamu bisa merogoh uang sebesar Rp 70 ribu hingga Rp 100 ribu untuk bisa menyeberangi lautan menggunakan boat dari Pantai Sumur agar bisa sampai di pulau ini.
3. Pulau Sangiang
Pulau Sangiang
Pulau Sangiang Foto: Shutterstock
Pulau Sangiang merupakan pulau kecil yang terletak di Selat Sunda, yakni antara Jawa dan Sumatera. Secara administratif, pulau ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Serang, Banten.
ADVERTISEMENT
Pulau ini juga memiliki keindahan hutan bakau yang memberikan sensasi seperti sedang berada di Sungai Amazon. Pulau Sangiang termasuk pulau yang memiliki banyak spot yang wajib dikunjungi, seperti Gua Kelelawar.
Para wisatawan yang datang ke pulau ini biasanya menikmati kecantikan alam dari puncak bukit yang ada di pulau ini. Maka biasanya para wisatawan sering melakukan trekking ke atas bukit dan bersantai untuk menikmati keindahan pulau dari ketinggian.
4. Pulau Sebuku Kecil
Pulau Sebuku kecil merupakan sebuah destinasi wisata di Lampung Selatan yang sangat terkenal akan keindahannya. Seperti namanya, pulau ini memang memiliki ukuran yang kecil.
Pulau ini cukup populer sebagai tujuan wisata bahari, seperti menikmati panorama pantai, berenang, snorkeling, ataupun diving. Panorama laut dan pantai di Pulau Sebuku Kecil ini cukup memanjakan mata dengan pasir putihnya dan air laut yang berwarna biru kehijauannya.
ADVERTISEMENT
5. Pulau Sebuku Besar
Pulau Sebuku Besar dan Kecil terletak berseberangan, dan ukuran Pulau Sebuku Besar tentu saja lebih besar dari Pulau Sebuku Kecil. Sama seperti Sebuku Kecil, pulau ini juga memiliki keindahan panorama yang tak kalah indah.
Di sana, kamu dapat menyaksikan biota laut di permukaan. Hal itu lantaran air laut di sana yang masih jernih yang membuat pemandangan semakin indah.
Nah, pulau-pulau apa saja di dekat Gunung Anak Krakatau yang ingin kamu kunjungi?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white