Tips Merawat Sepatu Gunung Agar Berumur Panjang

4 Januari 2019 12:35
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tips Merawat Sepatu Gunung Agar Berumur Panjang (80655)
zoom-in-whitePerbesar
Sinar matahari yang berlebih dapat merusak material sepatu gunung (Foto: Pixabay)
Seperti yang telah diberitakan oleh kumparanTRAVEL sebelumnya bahwa saat ini beberapa jalur pendakian gunung yang ada di Indonesia sedang ditutup sementara.
ADVERTISEMENT
Alasan penutupan tersebut juga beragam, mulai dari cuaca ekstsrem, pemulihan ekosistem hingga evakuasi pendaki. Adapun jalur-jalur pendakian yang ditutup antara lain jalur pendakian Gunung Semeru, Gunung Merbabu, Gunung Gede Pangrango, Gunung Merapi, Gunung Prau, dll.
Nah, bagi kamu yang dalam waktu dekat ini sudah berencana mendaki salah satu gunung yang telah disebutkan di atas, tampaknya kamu harus berbesar hati untuk menunda sementara atau menjadwalkan kembali waktu pendakianmu sampai dengan jalur pendakian tersebut aman dan dibuka kembali.
Tips Merawat Sepatu Gunung Agar Berumur Panjang (80656)
zoom-in-whitePerbesar
Mengeringkan sepatu gunung cukup dengan cara mengangin-anginkannya di ruangan terbuka (Foto: Pixabay)
Sembari menunggu jalur pendakian gunung yang hendak kamu daki dibuka kembali, kamu dapat menyimpan serta merawat dulu peralatan mendaki, salah satunya sepatu gunung atau sepatu trekking.
Berikut beberapa tips yang berhasil kumparanTRAVEL rangkum dari berbagai sumber untuk merawat sepatu gunung agar sepatu gunung kamu tetap awet dan nyaman saat digunakan juga berumur panjang.
Tips Merawat Sepatu Gunung Agar Berumur Panjang (80657)
zoom-in-whitePerbesar
Rawatlah sepatu gunung secara rutin agar awet digunakan (Foto: Pixabay)
1. Bahan Pembersih
ADVERTISEMENT
Untuk bahan pembersih, yang paling aman adalah siapkan baskom berisi air bersih hangat tanpa campuran sabun. Jangan gunakan sabun batangan atau deterjen. Sebab detergen dapat merusak lapisan waterproof sepatu dan melunturkan warna sepatu.
Ada beberapa pendapat yang menyebutkan bahwa membersihkan sepatu gunung bisa menggunakan sabun jenis mild soap atau sabun dengan pH netral (7.0), seperti sabun/shampoo bayi atau sabun cair cuci piring.
Untuk sepatu yang mulai berjamur, kamu bisa menggunakan campuran air (80%) dan cuka (20%) untuk membersihkannya.
Tips Merawat Sepatu Gunung Agar Berumur Panjang (80658)
zoom-in-whitePerbesar
Simpanlah sepatu gunung di tempat yang kering agar tidak mudah jamuran (Foto: Pixabay)
2. Gunakan Alat Pembersih yang Tepat
Sepatu gunung terbagi atas dua bagian secara besar, bagian atas (luar dan dalam) dan bagian bawah (sol). Masing-masing bagian ini memerlukan alat pembersih yang berbeda.
Untuk bagian atas (luar), kamu dapat menggunakan lap basah atau sikat lembut yang diusapkan dengan pelan dan sedikit tekanan. Hal ini dimaksudkan untuk tetap menjaga lapisan tersebut.
ADVERTISEMENT
Untuk bagian atas (dalam), kamu harus melepaskan terlebih dahulu insole sepatu, lalu gunakan sikat halus yang kering untuk membersihkan bagian dalam tersebut. Kemudian untuk insole sepatu bisa kamu bersihkan dengan sikat halus yang basah.
Untuk bagian bawah, kamu dapat menggunakan sikat yang lebih keras untuk membersihkan tanah yang menempel di sela-sela grip. Usahakan membersihkan terlebih dahulu menggunakan menggunakan lidi atau tusuk gigi pada sela-sela grip tersebut agar lebih mudah ketika menyikat.
Tips Merawat Sepatu Gunung Agar Berumur Panjang (80659)
zoom-in-whitePerbesar
Gunakan kain kanebo untuk mempercepat proses pengeringan sepatu saat setelah selesai dicuci (Foto: Pixabay)
3. Cara Membersihkan yang Tepat
Pertama, lepas tali sepatu dan insole (lapisan di bagian dalam sepatu yang memisahkan kaki dan bagian bawah sepatu) agar seluruh bagian sepatu bisa mengering sempurna.
Jangan merendam sepatu. Sepatu bisa rusak dan berkerut apabila direndam terlalu lama dalam air. Selain itu, lem di sol sepatu juga akan mudah lepas.
ADVERTISEMENT
Celup sikat ke dalam baskom, kemudian kibaskan sikat untuk mengurangi jumlah air. Gunakanlah sikat yang halus untuk mencuci bagian upper sepatu, agar tidak merusak jahitan dan juga lapisan anti-airnya yang biasanya menggunakan bahan gorte.
Bagian bawah sepatu sendiri disikat dengan sikat yang lebih kasar karena kadang kotoran yang menempel di bagian sepatu susah untuk dibersihkan.
Jika lapisan waterproof pada sepatu kamu mulai hilang dan menimbulkan kebocoran, gunakan waterproof spray untuk mengembalikan sifat water resistance sepatu. Berbagai produk waterproof spray kini banyak dijual di pasaran.
Tips Merawat Sepatu Gunung Agar Berumur Panjang (80660)
zoom-in-whitePerbesar
Jangan gunakan detergen saat mencuci sepatu gunung agar tidak merusak lapisan antiair yang ada di sepatu (Foto: Pixabay)
4. Cara Pengeringan
Setelah bersih, keringkan sepatu dengan cara diangin-anginkan. Usahakan tidak langsung bersentuhan sinar matahari langsung karena hal tersebut akan merusak material sepatu dan dapat memudarkan warna sepatu.
ADVERTISEMENT
Sebelum dijemur ada trik yang bisa digunakan oleh teman-teman pendaki untuk mempercepat proses pengeringan yaitu ambil kain kanebo dan tekan-tekan bagian luar dan dalam sepatu sampai kanebo tidak bisa lagi menyerap air.
Siapkan koran bekas, masukkan ke dalam sepatu sambil ditekan-tekan agar lebih menyerap air. Jemur sepatu dengan menggantung sepatu. Posisi atas sepatu dihadapkan ke bawah (dibalik), untuk menggantungnya bisa menggunakan tali sepatu.
Tips Merawat Sepatu Gunung Agar Berumur Panjang (80661)
zoom-in-whitePerbesar
Jangan merendam sepatu terlalu lama sebab sepatu bisa rusak dan berkerut (Foto: Pixabay)
5. Cara Perawatan Sebelum Disimpan
Bahan sepatu gunung biasanya terbuat dari dua jenis, yaitu kulit dan kanvas, serta gabungan dari keduanya. Cara perawatan sebelum peyimpanan terhadap sepatu berbahan kulit adalah dengan cara menyemir sepatu sebelum sepatu mendekati kering, hal ini dilakukan untuk tetap menjaga kelembaban agar kulit tidak terlaku kering.
ADVERTISEMENT
Sedangkan pada sepatu dengan bahan kanvas yang bersifat waterproof, semprot dengan semprotan waterproof yang bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar Rp 100 ribu dengan kualitas standar.
Tips Merawat Sepatu Gunung Agar Berumur Panjang (80662)
zoom-in-whitePerbesar
Gunakanlah alat yang tepat saat membersihkan dan merawat sepatu gunung (Foto: Pixabay)
6. Cara Penyimpanan
Setelah semua tahap dilakukan sehingga sepatu gunung kamu telah bersih dan kering, isikan gumpalan kertas ke dalam sepatu kamu untuk menjaga bentuk sepatu agar tetap seperti semula. Gunakan kertas polos, hindari menggunakan kertas koran untuk menghindari tempelan atau lunturan tinta koran.
Simpan sepatu gunung atau sepatu trekking kamu tanpa tertindih benda atau sepatu lain. Usahakan sepatu disimpan di tempat yang kering (tidak lembap) dan hindari dari paparan sinar matahari langsung.
Kamu juga bisa memasukkan sepatu ke dalam kardus kering yang diberi beberapa silica gel untuk menghindari jamur. Simpan kardus tersebut di dalam tempat yang kering.
ADVERTISEMENT
Selamat mencoba.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020