Tekno & Sains
·
17 November 2020 13:24

5 Hewan Paling Sibuk di Musim Gugur

Konten ini diproduksi oleh Dasar Binatang
Langit musim gugur akan dipenuhi burung yang bermigrasi. Sementara, beberapa hewan lainnya di Inggris tampak lebih sibuk setelah musim panas yang terik. Meskipun hari semakin pendek, hewan-hewan tersebut bagai memiliki waktu kerja lembur yang panjang. Menurut BBC Earth, lima hewan ini akan sering terlihat dan bisa dikatakan paling sibuk selama musim gugur yang indah.
ADVERTISEMENT

Rusa merah

5 Hewan Paling Sibuk di Musim Gugur (371513)
Rusa Merah. Foto: foxycoxy from Pixabay
Rusa merah adalah mamalia darat terbesar di tanah Inggris. Hewan ini juga terkenal karena perilaku perkembangbiakan yang unik pada akhir September hingga November. Jantan akan bersaing untuk mendapatkan dominasi kawin dengan betina. Rusa akan mengaum dan saling dorong dengan tanduknya yang besar. Pukulan kuat oleh tanduk dapat mengakibatkan cedera dan pingsan bagi lawan yang kalah. Sementara, sang juara akan kawin dengan 20 betina.
Bukan hanya jantan, para peneliti menemukan beberapa rusa betina juga sibuk selama musim kawin. Ilmuwan dari Queen Mary University berteori bahwa poliandri berfungsi sebagai peluang hamil bagi betina. Jika pejantan dominan lebih tua atau kawin dengan banyak betina, maka spermanya akan cepat habis. Ini memungkinkan betina dapat meningkatkan kesempatan untuk hamil dengan kawin lebih dari sekali dalam satu musim.
ADVERTISEMENT

Anjing laut

5 Hewan Paling Sibuk di Musim Gugur (371514)
Anjing Laut. Foto: Foto-Rabe from Pixabay
Anjing laut abu-abu betina menantang lautan badai untuk menghadirkan kehidupan baru di dunia. Setelah musim panas yang diisi dengan stok ikan melimpah, para betina hamil melakukan perjalanan ke pantai berbatu di utara dan barat Inggris untuk melahirkan. Cuaca di sana mungkin tidak ramah, tetapi para ibu dalam kondisi yang baik untuk menyusui. Setelah dua hingga tiga minggu lahir, anak-anak disapih dan diserahkan kepada induk lain yang siap kawin lagi.
Anjing laut banteng mendarat ke pantai untuk mengantisipasi para betina melewati masa subur. Namun, itu mungkin akan mengganggu anak anjing laut yang masih segar dan berbulu. Sama halnya dengan rusa, anjing laut jantan memperebutkan dominasi dalam pertarungan agresif. Bahkan, anak anjing laut harus bersaing dengan orang dewasa yang sedang kawin dan berperang.
ADVERTISEMENT

Ikan

5 Hewan Paling Sibuk di Musim Gugur (371515)
Ikan Trout. Foto: Co)Sch from Pixabay
Bukan hanya mamalia, ternyata ikan trout laut dan salmon Atlantik sangat aktif di musim gugur. Kedua spesies berenang kembali ke tempat kelahirannya. Ikan yang datang lebih awal akan menunggu sampai tiba waktunya untuk berkembang biak. Sementara itu, individu yang terlambat harus berjuang melawan rintangan yang ditimbulkan oleh banjir musim gugur.
Salmon terkenal dapat melompati bendungan dan air terjun untuk mencapai lokasi kawin. Pada bulan Oktober dan November, betina bertelur dengan warna merah di dasar sungai yang berkerikil. Ikan trout dan salmon laut jarang makan di air tawar, sehingga kedua spesies harus mengandalkan cadangan makanan untuk perjalanan pulang kembali ke laut.
ADVERTISEMENT

Serangga

5 Hewan Paling Sibuk di Musim Gugur (371516)
Kepik. Foto: dayamay from Pixabay
Ngengat karpet hijau merah, dan kupu-kupu kulit penyu kecil berada di sayap saat mencari tempat berlindung yang aman. Serangga ini berbeda dengan yang lainnya karena mampu mati suri untuk menahan suhu rendah pada musim dingin. Hewan tersebut dapat terbangun kembali setelah musim dingin berakhir. Para serangga cenderung mencari sarang yang sejuk dan berlindung di tempat yang aman.
Kepik biasanya ditemukan menyendiri, tetapi menjadi lebih ramah dan merespons secata positif sentuhan kepik kecil di musim gugur. Hewan akan berkumpul dalam jumlah besar yang meningkatkan peluang untuk bertahan hidup di musim dingin. Sementara itu, spesies asli akan berlindung di daun. Begitu kawanan menemukan tempat yang cocok untuk melewati musim dingin, kepik memberikan petunjuk kimiawi yang bertujuan mengundang lebih banyak kepik ke sarang yang sama.
ADVERTISEMENT

Tupai abu-abu

5 Hewan Paling Sibuk di Musim Gugur (371517)
Tupai Abu-abu. Foto: CarinaHofi from Pixabay
Selain kawin dan mencari sarang, makanan adalah faktor pendorong mengapa beberapa hewan sangat sibuk. Tupai abu-abu menghabiskan waktu untuk mencari makan di tanah. Hewan akan mengubur ribuan kacang yang dikumpulkan di tempat penyimpanan makanan sebagai cadangan musim dingin.
Para ilmuwan menemukan bahwa tupai memiliki ingatan spasial yang sangat baik untuk membantu mendapatkan simpanan makanan kembali. Peneliti juga memperkirakan 25% makanan yang disimpan rentan terhadap pencurian hewan lain. Tetapi, mamalia cerdas ini dapat memastikan untuk tidak mengeluarkan terlalu banyak energi, sehingga mampu menghemat makanan. Selain itu, trik tupai juga mampu menyembunyikan makanan di tempat rahasianya, sehingga terhindar dari para penyelundup atau pencuri.
ADVERTISEMENT